FUNGSI FONT,
FONT SIZE, GROW FONT, SHRINK FONT DALAM MICROSOFT
WORD DAN FUNGSI AND, OR, IF, TRUE, FALSE
DALAM MIRCROSOFT EXCEL
MATA KULIAH: PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
DISUSUN OLEH: KELOMPOK V
AZIMAH
MEDI SUTRISNO
SYAHRIL
DOSEN PENGAMPU:
FERRY HERYADI, S.Pd.I
SEKOLAH TINGGI
ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIAH
INDRALAYA OGAN
ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN AKADEMIK
2016-2017
Pada menu Home dari Microsoft Office word terdapat toolbar menu
kelompok font yang fungsi utamanya adalah pengaturan text, huruf atau font yang
digunakan pada dokumen word yang anda buat. Di dalam toolbar menu kelompok font
tersebut terdapat kumpulan ikon-ikon yang membantu anda bekerja lebih cepat
dalam mengatur font atau huruf atau text yang anda gunakan. Berikut ini adalah
penjelasan fungsi atau kegunaan dari masing-masing ikon yang ada pada kelompok
font dari mmicrosoft office word.
Pada kesempatan
kali ini adalah tampilan kelompok font menggunakan aplikasi pengolah kata
Microsoft office word 2007. Ikon-ikon yang ada pada kelompok font pada aplikasi
Microsoft word seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Fungsi dan kegunaan dari ikon-ikon pada kelompok Font dapat and
abaca pada penjelasan di bawah ini.
Font : Jika
anda mengarahkan kursor anda pada ikon ini, maka berarti anda akan memilih
jenis huruf atau font yang ingin anda gunakan pada dokumen ketikan anda.
Umumnya huruf yang standar digunakan pada pengetikan adalah huruf atau font
times new roman atau arial.
Fungsi dari font
yaitu untuk memilih jenis-jenis huruf yang
ingin anda gunakan dalam penulisan, ada banyak jenis huruf disini.
Font size : yaitu
ikon untuk pengaturan ukuran besarnya huruf dalam font yang digunakan
pada pengetikan. Standar
ukuran font yang umumnya digunakan adalah untuk jenis font times new roman
adalah untuk judul 14 s/d 16 dan untuk text dalam paragraph adalah berukuran
12. Untuk jenis font arial, untuk judul umumnya adalah berukuran 12-14 dan
untuk text dalam paragraph adalah berukuran 10-11.
Bold : fungsi
ikon ini adalah bertujuan untuk membuat huruf dicetak tebal. Praktek
penggunaannya adalah lakukan seleksi pada huruf atau text yang akan anda buat
tebal, setelah text anda seleksi kemudian klik ikon Bold.
Italic : fungsi dari
ikon ini adalah untuk membuat tulisan yang kita pilih menjadi tercetal miring.
Underline : berfungsi
untuk membuat tulisan yang kita pilih menjadi bergaris bawah.
Strikethrough : fungsi ikon
ini akan membuat efek pada text atau tulisan yang kita pilih bertanda garis
tercoret. Biasany digunakan untuk menandai suatu pilihan yang tidak terpilih cukup
dicoret.
Subscript : ikon kelompok font yang ini akan berfungsi membuat tulisan
mempunyai efek agak ke bawah dan lebih kecil.
Superscript : ikon ini
mempunyai yang bertolak belakang dengan fungsi ikon subscript. Yaitu membuat
efek tulisan menjadi agak ke atas dan terlihat lebih kecil. Seperti untuk
menulis huruf angka dalam lambang dalam matematika seperti persegi, kuadrat,
kubik, dll
Cange case : ikon ini
berfungsi untuk mengatur merubah huruf besar menjadi kecil dan atau sebaliknya.
-
Sentence case = huruf
depan capital
-
Lowercase = semua huruf kecil
-
Uppercase = semua hufuf besar
-
Capitalize each word = semua huruf depan besar
-
Toggle case = semua huruf depan kecil &
huruf berikutnya besar
Text Highlight Color :
Fungsi ikon ini adalah untuk memerikan warna yang berupa arsiran pada text,
kalimat atau paragraph yang kita pilih supaya lebih terlihat berbeda dan
mencolok dari yang lainnya.
Font Color : ikon ini
mempunyai fungsi memberi warna pada huruf yang digunakan. Misalnya huruf akan
berwarna merah, hijau, kuning dan yang lainnya sesuai pemiluhan warna yang kita
pilih.
Grow Font : fungsi ikon ini adalah akan memperbesar huruf yang digunakan.
Shrink Font : berfungsi
sebaliknya dari fungsi Grow Font yaitu berfungsi untuk mengecilkan huruf atau
font yang digunakan.
Clear Formating : ikon ini
berguna untuk menghapus format atau pengaturan yang ada pada obyek yang anda
pilih.
B.
FUNGSI IF, AND,
OR, TRUE, FALSE DALAM MIRCROSOFT EXCEL
FUNGSI IF, AND DAN OR
Fungsi IF,
Fungsi AND dan OR adalah fungsi logika
yang akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Fungsi AND adalah sebagai berikut ini
:
Di bawah ini
merupakan contoh pernyataan IF bertumpuk yang relatif standar untuk mengonversi
nilai ujian siswa menjadi peringkat huruf yang sama.
=IF(D2>89,"A",IF(D2>79,"B",IF(D2>69,"C",IF(D2>59,"D","F"))))
Pernyataan IF bertumpuk yang
kompleks ini mengikuti logika sederhana:
-
Jika Skor
Ujian (di sel D2) lebih besar dari 89, siswa akan mendapatkan A
-
Jika Skor
Ujian lebih besar dari 79, siswa akan mendapatkan B
-
Jika Skor Ujian lebih besar dari 69, siswa
akan mendapatkan C
-
Jika Skor
Ujian lebih besar dari 59, siswa akan mendapatkan D
-
Jika tidak
siswa akan mendapatkan F
Contoh :
Pada kolom keterangan diisi dengan =AND(A3>=60,
B3>=60), logical1 = A3>=60, dan logical2 B3>=60, artinya kolom
keterangan akan bernilai TRUE jika dua kondisi logical1 (A3>=60) dan
logical2 (B3>=60) memenuhi syarat (seperti pada cell C3 bernilai TRUE karena
nilai cell A3 = 70 artinya memenuhi syarat dari kondisi logical1 A3>=60,
begitu B3 telah memenuhi syarat
dari kondisi logical2). Sedangkan pada cell C4 bernilai false dikarenakan
salah satu syarat dari dua kondisi tidak terpenuhi
yaitu logical1 (A4>=60) dan nilai dari A4 adalah 55 maka tidak memenuhi
syarat. Fungsi and akan bernilai true jika semua syarat kondisi tersebut terpenuhi.
Fungsi or
sama dengan penulisan Fungsi and, untuk memahami bentuk penulisan dan
Fungsi or bisa di lihat pada gambar
dibawah ini :
Contoh Fungsi
OR
Pada Fungsi OR
jika salah satu syarat kondisi logical dipenuhi maka akan bernilai TRUE, dan
jika semua syarat tidak dipenuhi maka akan bernilai FALSE (seperti pada cell
C6).
Sangat mudah
memahami penggunaan Fungsi OR dan AND, kalau bahasa indonesianya sih kata ATAU
memiliki fungsi yang berbeda dengan kata DAN.
FUNGSI TRUE DAN FALSE
Mengembalikan suatu nilai logika true, bisa menggunakan fungsi ini saat ingin mengembalikan nilai
berdasarkan kondisi true.
Contoh 1:=IF(A1=1,TRUE())
Kita juga bisa memasukkan nilai true secara otomatis ke dalam sel dan rumus tanpa menggunakan fungsi tersebut.
Contoh 2:
=IF(A1=1,TRUE)
Jika kondisi terpenuhi, Excel mengembalikan TRUE dalam contoh kedua. Jika kondisi tidak memenuhi, Excel akan mengembalikan FALSE di contoh kedua.
DAFTAR PUSTAKA
Buku Panduan Aplikasi
Microsoft Office, Lembaga Kursus dan Pelatihan Perfect Course.
good job gan
BalasHapussolder temperatur
Auuu pediyek
BalasHapus